Saturday, March 29, 2008

Hidup di Amerika 3

Hey ... long time no see eh ... ;)

Tengkyu untuk Sili atas tambahannya sukanya hidup di Amrik:
- Sekolah gratis dari TK sampai SMA.
- Di rumah sakit tidak membedakan ras dan keuangan, siapa yang butuh ditolong pasti diprioritaskan, bayaran soal entar.

Tambahan dari aku:
- Biasa menggunakan sistem asuransi. Jadi kita nggak perlu repot-repot bayar tagihan yang ampun-ampun mahalnya, seperti: kesehatan, rumah, kecelakaan, mobil, dll.
- Aku berlangganan AAA road service. Kalo mobilku mogok di jalan, aku tinggal telpon mereka dan mereka akan jemput aku dan mobilku di derek pake tow truk mereka.
- Karena aku selalu kesasar ke mana2, suamiku beliin GPS, itu tuh monitor penunjuk jalan. Tinggal masukin alamatnya, beres deh. Cihuy ...
- Kalo udah kenal Tivo, bakalan nggak mau balik ke Indo lagi deh ...hehehe... Dgn pake Tivo, kita bisa merekam, pause, rewind, forward acara2 TV yg kita sukai. Misalnya, aku suka American Idol, aku program supaya acara AI bisa masuk di TVku secara otomatis sampai akhir season. Trus ntar kalo ada season baru udah otomatis muncul sendiri. Enak kan?! Belum lagi pas liat acaranya, aku bisa pause, rewind dan forward seenaknya. Wah pokoknya fun banget deh punya TiVo.
- Jalan2 di sini biasanya bersih, tempat2 lain juga. Kebanyakan org udah sadar buang sampah harus di tempat sampah. Kalo ketauan buang sampah seenaknya, didenda berapa lupa. Tapi, kadang2 masih ada juga segelintir sampah di jalan. Namanya aja manusia, nggak semuanya suka bersih dan teratur.
- Org2 sini suka bekerja sukarela (tanpa dibayar). Seperti membantu pemerintah membersihkan suatu tempat atau jalan, atau menolong orang2 miskin, dll.
- Bensih jelas nggak ada timbal.
- Ada sistem daur ulang dimulai dari sampah2 rumah tangga.
- Kalo kita jalan kaki dan mau menyeberang jalan, mobil2 akan rela berhenti menyilakan kita menyeberang.

Menjawab pertanyaan Rahmati Maula tentang sekolah dan pergaulan anak-anak di Amrik:
- Biasanya preschool di sini mulai umur 3-4 taun selama 2 taun. Ada yg pagi (8:45-11:30 am) atau siang (12:30-1:00 pm)
- TK umur 5-6 taun selama 1 taun. (ada yg pagi setengang hari dan ada juga yg seharian: 8:45 am - 3:00 pm).
- SD, SMP dan SMA seharian (8:00 am - 3:00 pm). Bisa diantar sendiri atau naik bis sekolah.
- Sehabis sekolah baik di SD, SMP atau SMA, biasanya ada extra kurikuler.
- Untuk umur 2 taun, ada tempat-tempat yang khusus menyelenggarakan kegiatan mereka. Seperti anakku Thia (2), dia ikut gym kelas dan musik kelas. Karena aku ikut Mom's Club di daerahku, Thia ada playgroup seminggu sekali (kalo mau bisa tiga kali seminggu).
- Anakku yg nomer satu, Benny (6), TK dan ikut taekwondo dan ice hockey.
- Di Amrik biasanya orang tua diperintahkan utk tidak lengah terhadap anak. Aku nggak nakut-nakutin, tapi kenyataannya di sini banyak sekali kasus penculikan anak. Coba liat post-post lama ku: importan information.
- Tentang pergaulan anak-anak di Amrik: kalo udah masuk sekolah, jangan kaget kalo tiba-tiba anaknya ngomong jelek, soalnya ikut2an temennya. Kadang2 ada anak2 yg ortunya nggak bener, jadi mereka dicontoh anak2nya. Tapi nggak semua anak2 begitu.
- Di sini ortu yg menghajar anaknya bisa dilaporkan ke polisi. Lagian jangan ah, kasian anaknya. Kalopun anak2nya keterlaluan biasanya ortu2 di sini kasih spank (tepok pantat) ke anak2nya.
- Pendidikan agama dipisahkan dari sekolah. Jadi kalo mau belajar agama, anak2 bisa disekolahkan ke sekolah minggu (utk semua agama).
- Di sini banyak remaja melakukan sex bebas, drugs, merokok ganja (cewek dan cowok), minum2 an keras, dll. Tapi jangan salah sangka ya, banyak remaja2 di sini yg konservatif juga.
- Sebisa mungkin dekat dgn anak, bekali mereka dgn pendidikan sekolah dan agama, berikan kesibukan2 kepada mereka seperti kegiatan2 sehabis sekolah, les-les, dll. Sering kasih pujian dan jangan lupa minta maaf kepada mereka kalo kita melakukan kesalahan. Ini hanya teori lho tapi semoga bisa dipraktekkan dan Insya Allah berhasil.
- Nggak usah takut dgn segala yg jelek2 di sini, soalnya pasti di mana2 di dunia juga ada. That's life! Jangan lupa di sini banyak yg bagus2 juga lho ;). Malah kebanyakan. Kayak aku udah keenakan tinggal di sini. Bingung kalo pulang ke Indo, soalnya biasa di sini teratur sih, tapi senang ketemu keluarga ... hehehe...
- Aku pindah ke sini dari awal taun 2002 (7 taunan). Tadinya kesepian apalagi aku tinggal di desa. Tapi setelah gabung sama Permias di tempatku, terus ikutan Mom's Club, aku jadi betah. Rahmati rencananaya mau tinggal di Atlanta, Georgia kan?! Atlanta itu kota besar, jadi banyak hiburan dan pasti banyak orang2 Indo yg tinggal di sana.
- Oke, deh Rahmati, good luck. Kalo masih ada pertanyaan lagi, ntar aku kirim email ya! Kapan ke sininya?